effort

Halo!

Karena mengecek recent updates adalah seperti menjadi kebudayaan tak tertulis dari para pengguna BlackBerry, selagi menunggu makanan di burjo (tempat makan seperti warung, red), aku mencoba iseng scrolling di recent updates BB, dan menemukan status ini :

Nandur suket kok njaluk tumbuh pari.

Itu adalah status BBM ibu. Apa? Nggak ngerti artinya? Kalau dibahasa Indonesia-kan, kurang lebih artinya adalah “Menanam rumput kok minta tumbuh padi”. Udah ngerti sekarang?

Inti dari status itu sederhana, apa yang kita dapat, tergantung pada apa yang kita lakukan. Nggak ada ceritanya kita tidur-tiduran dong tapi mau jadi direktur utama stasiun TV kayak Wishnutama. Nggak ada ceritanya juga kita nggak pernah latihan vokal, tapi bisa jadi finalis X Factor Indonesia. Semua hasil, dengan hukum sebab-akibat, terjadi sesuai dengan usaha yang kita berikan.

Ini sama dengan apa yang dibilang seorang Tika Yusuf, waktu aku masih jadi trainee penyiar di Swaragama FM. Effort Equal Result. Usaha = hasil. Bagaimana usaha kita, akan membentuk hasil yang kita terima. Konteksnya waktu itu adalah, aku harus berlatih keras untuk bisa siaran dengan bagus. Meskipun pada akhirnya aku nggak lolos dan nggak bisa jadi penyiar, tapi prinsip ini sangat oke untuk diterapkan di berbagai bidang.

Hal ini juga yang membuat aku tahu, kenapa aku sering kalah di sebuah kompetisi, iklan misalnya. Karena bikin karyanya cuma secukupnya, nggak sepenuh hati, ya nggak kaget kalau nggak menang. Effort equal result. Semua karya finalis yang dipajang, nggak ada yang namanya “begitu doang”. Semuanya out of the box, rapi pengerjaannya, clean, dan dibuat dengan niat. Kelihatan lah mana yang liat dan mana yang nggak niat.

Jadi, selain bermimpi besar, jangan lupa diimbangi dengan usaha yang besar. Tuh Ndin dengerin, jangan tidur aja.

Leave A Comment