Bapak Beranak Satu

Bukan bapak beranak (melahirkan anak) satu ya, tapi bapak beranak (mempunyai anak) satu.

Siapa sangka kalau tulisan sederhana di tahun 2009 (tulisan asli tanpa penyesuaian) tentang target hidup ternyata kejadian. Tahun 2009, Andin yang masih polos dan baru masuk kuliah membayangkan umur 23 tahun sudah menikah. 6 tahun berselang, tepat di pergantian umur dari 23 ke 24, Andin yang sudah nggak polos lagi menikah dan punya anak kurang dari setahun setelahnya, masih di umur 24 tahun.

Dan hadirlah makhluk mungil berukuran setengah meter di #KeluargaPakAndin. Namanya Caraka. Caraka Alfin Adinata.

View this post on Instagram

#KeluargaPakAndin jalan-jalan ke mall pertama kali sejak Caka lahir. Sengaja nunggu @carakaadinata agak gedean dulu baru boleh ke keramaian. Besok jalan-jalan lagi ya, Cak! #family #babies #digitaldad

A post shared by Andin Rahmana P. (@andinrahmana) on

Untuk yang sudah bertanya dalam hati, mari penuhi rasa keingintahuanmu.

+ Kenapa cepet banget langsung punya anak?
++ Alhamdulillah sudah rejekinya langsung dikasih, jadi ya disyukuri. Tapi untuk pasangan newlywed diluar sana, saranku, nggak usah buru-buru. Nikmati dulu masa-masa berdua, dan kalau sudah siap, baru mulai produksi.

+ Repot nggak sih punya anak?
++ Menurut ngana? Ya pasti ada kerepotan tersendiri, karena tadinya cuma ngurus diri sendiri sekarang punya tanggung jawab ngurusin anak sendiri. Tapi practices makes perfect. Ganti popok, bantuin ibunya Caka, gendong, mandiin, nyuapin, ngajak main, nyetir mobil sambil mangku, semuanya belajar pelan-pelan. Lama-lama udah biasa dan dinikmati aja.

+ Apa artinya namanya Caraka?
++ Caraka artinya duta, wakil atau utusan. Adinata artinya yang unggul. Jadi duta nggak bisa sembarangan, harus yang terbaik dari yang terbaik. Duta besar, duta pariwisata, Duta Sheila On 7. Dan Caraka akan menjadi wakil dari bapak ibunya, untuk berkancah di industri masa depan.

++ Untuk yang berasal dari dunia ilmu komunikasi dan periklanan, pasti mengira nama Caraka diambil dari salah satu kompetisi periklanan tahunan di Semarang. Ini juga benar, meskipun ternyata bapaknya Caraka sendiri sering ikut kompetisi, tapi belum pernah angkat piala sama sekali. Nah pialanya adalah Caraka ini.

+ Apa tipsnya untuk yang mau jadi bapak juga?
++ Untuk yang belum jadi bapak, nggak usah buru-buru, nikmatin aja dulu. Untuk yang sudah dalam masa tunggu akan menjadi bapak, ada satu pesan dari orang tuaku yang sangat klise tapi bermanfaat. Banyak-banyak sabar dan terus belajar. Karena punya anak akan jadi satu tanggung jawab baru, dan peran seorang bapak sangat penting buat ibu dan anaknya. Banyak baca buku, artikel soal kehamilan dan parenting newborn, akan sangat membantu. Buku yang direkomendasikan adalah Catatan Ayah ASI, AyahBunda Begini Caranya dan Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 tahun.

Selengkapnya dibahas sepanjang 30 tweet di Twitter @andinrahmana. Boleh tengok dan semoga bermanfaat.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *