Menentukan Budget Digital Marketing

Tulisan keenam belas dalam rangka 31 Hari Menulis.
Seperti halnya ketampanan dan kecantikan, budget itu relatif. Banyak yang bertanya, jadi saya harus siapkan berapa budget digital marketing untuk mendapatkan hasil optimal. Pertanyaan itu saya kembalikan. Hasil yang optimal itu definisinya apa? Atau kita balik kalimatnya. Budget digital marketing ada berapa? Dari situ nanti kita coba buat plan bisa dimaksimalkan hasilnya. Tulisan kali ini lebih berfokus ke spending paid media ya, seperti ads di Facebook / Instagram / YouTube / Google Ads.
Ibarat orang mau resepsi pernikahan, pilihannya ada dua.
Mau resepsi yang seperti apa? Budgetnya mengikuti.
Atau
Budgetnya ada berapa? Resepsinya mengikuti.
Kalau kita mau resepsinya di hotel bintang 5, diisi oleh band ternama, mengundang 2.000 orang, tentu saja budgetnya bisa lebih dari Rp 1 Miliar.
Kalau kita punya budget cuma 100 juta, berarti ya resepsinya cukup di taman, dengan keluarga inti dan jumlah undangan kurang dari 200 orang. Bandnya bisa teman-teman sendiri, biar bagi-bagi berkah sekalian berhemat juga.
Nah nanti budget tersebut akan mendapatkan hasil sesuai objective kita.
Rumus sederhana :
Budget dibagi Cost Per = Hasil.
Atau dibalik,
Cost Per dikali Hasil = Budget.
Nanti keluar hasilnya.
Objective | Satuan | Cost Per | Average |
Awareness | Impressions | CPM (Mille) | Rp 10.000 |
Views | CPV | Rp 500 | |
Engagement | Clicks | CPC | Rp 7.500 |
Conversion | Install | CPI | Rp 20.000 |
Leads | CPL | Rp 10.000 | |
Acquisition | CPA | Rp 25.000 |
Note 1 : Nilai yang tertulis diatas adalah hasil experience saya sepanjang 2017 – 2020. Hasil yang didapatkan bisa bervariasi sesuai industri, materi iklan dan waktu pemasangan.
Note 2 : Khusus untuk CPM, dia bukan per satu impressions seperti yang lain, tapi dibulatkan per 1.000 impressions. Jadinya harus dikalikan 1.000.
Kita coba berhitung ya.
Contoh 1 :
Diketahui :
Saya punya budget digital marketing Rp 10.000.000
Objective saya adalah Conversion – Install aplikasi terbaru saya.
CPI menurut tabel Rp 20.000
Ditanyakan :
Berapa hasil install yang saya dapatkan?
Dijawab :
= (Budget / Cost Per Install)
= (10.000.000 / 20.000)
= 500 Install
Contoh 2 :
Diketahui :
Saya dapat KPI dari bos saya 5.000.000 Impressions (kali lihat)
Objective saya adalah Awareness – Impressions
CPM menurut tabel Rp 10.000
Ditanyakan :
Berapa budget digital marketing yang harus saya siapkan?
Dijawab :
= (Impressions/1000) x CPM
= (5.000.000/1000) x 10.000
= 50.000.000 Impressions
Contoh 3 :
Diketahui :
Saya dapat KPI dari bos saya 5.000 klik ke website.
Objective saya adalah Engagement – Clicks
CPC menurut tabel Rp 7.500
Ditanyakan :
Berapa budget digital marketing yang harus saya siapkan?
Dijawab :
= Clicks x CPC
= 5.000 x 7.500
= Rp 37.500.000
Harapannya dengan adanya tabel diatas, meskipun nggak 100% akurat, bisa membantu kita dalam menentukan kira-kira berapa budget yang harus kita siapkan atau menghitung dengan budget yang dimiliki, bisa dapat berapa. Nggak ada lagi nih hitungan dari langit, misal “Kamu saya kasih budget Rp 10.000.000, pokoknya dapat 10.000 install ya.”.
Sebenarnya masih ada lagi nih hubungannya, sama CTR (click through rate) dan CVR (conversion rate). Tapi kita bahasnya besok lagi aja kali ya. Berat kalau dijadiin satu langsung.
Selamat menghitung bersama.